7 Karir Terbaik Untuk Wanita di Arab Saudi

Admin,
5 Februari 2022 - 2:0

Selama beberapa dekade terakhir Kerajaan Arab Saudi mencapai kemajuan. Almarhum Raja Abdullah memprakarsai pendidikan bagi perempuan dan berharap negara bisa semakin maju.

Pada tahun 2016, negara tersebut mengeluarkan rencana ambisius, yakni Visi 2030 guna memajukan perekonomian. Reformasi ini mencakup program untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam pekerjaan sebanyak 30%.

Dalam hal ini pemerintah telah meluncurkan beberapa inisiatif, seperti bekerja di toko pakaian/kosmetik. Kemitraan juga dibuat untuk menghubungkan para wanita Saudi dengan gelar sarjana agar memperoleh peluang besar di dunia kerja. Cuti hamil juga ditambah dari empat menjadi 10 minggu dan perusahaan yang mempekerjakan lebih dari 15 perempuan disediakan tempat penitipan anak.

Menurut survei yang dilakukan oleh Kementrian Tenaga Kerja dan Pembangunan Sosial Arab Saudi, jumlah pekerja perempuan di sektor swasta telah meningkat sebesar 130% selama 4 tahun terakhir. Laporan Gulf News menyatakan bila jumlahnya telah meroket dari 2,15 lakh menjadi 4,96 lakh antara tahun 2012-2016. Bagi para wanita yang tertarik bekerja di Arab Saudi, berikut adalah bidang terbaik untuk berkarir!

  • Kesehatan

Wanita banyak yang terjun di sektor ini, baik itu dokter, perawat maupun staf layanan kesehatan lainnya. Opsi pekerjana terbaru yakno apoteker yang kini juga tersedia untuk kaum hawa.

  • Pendidikan

Di seluruh dunia, pendidikan tetap menjadi salah satu pilihan karir teratas bagi wanita. Tidak ada bedanya, mengajar adalah salah satu pekerjaan mulia di Arab Saudi. Tersedia banyak peluang baik mengajar di sekolah maupun perguruan tinggi.

  • Retail

Berdasarkan keputusan Kerajaan pada tahun 2011, Arab Saudi membuka pintu menuju karir di bidang retail untuk ribuan wanita. Baru-baru ini tercatat sudah lebih dari 50.000 kaum hawa bekerja di sektor ini, mulai dari sebagai staf penjualan, kasir hingga bagian operasional.

  • IT

Teknologi telah mengubah seluruh dunia, ini juga dirasakan oleh Arab Saudi. Sebagian besar rumah perangkat lunak dan perusahaan IT mencari teknisi software, manajer sistem dan web developer. Perusahaan juga mempertimbangkan solusi kerja dari rumah sebagai cara untuk mengatasi kebutuhan ruang kantor yang terpisah.

  • Konsultan

Permintaan karyawan yang terampil semakin tinggi. Pengusaha juga menyadari pentingnya memasukkan perempuan berpendidikan tinggi dan memiliki skill untuk masuk ke dalam area karir. Mereka biasanya menggeluti dunia desain, pemasaran, intelijen bisnis, manajemen risiko, jaminan kualitas dan masih banyak lagi lainnya.

  • Administrasi

Administrasi identik digeluti oleh wanita. Sebagian besar organisasi dan perusahaan di Arab Saudi kini mencari mereka untuk mengelola kantor dan tanggung jawab lainnya. Keterampilan manajemen dan komunikasi yang baik sepenuhnya dimiliki oleh perempuan.

  • Pengasuh

Jika Anda suka bersosialiasi dan membagikan kasih sayang kepada anak-anak, maka menjadi pengasuh adalah pilihan yang tepat. Permintaan pengasuh di Arab Saudi semakin naik setiap tahunnya seiring dengan pertumbuhan tenaga kerja wanita.

 

Peningkatan pekerja perempuan menjadikan Arab Saudi sebagai negara baik secara ekonomi dan terbuka di mata global. Bidang manakah yang Anda minati?

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp